Senin, 23 Januari 2012

Merayakan Tahun Baru Imlek


Jika, ingin melihat klenteng yang megah, bersih, dan menawan, Anda tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri. Datang saja ke Tuban, Jawa Timur, di sana ada Klenteng Kwan Sing Bio seluas 4 hektar dan merupakan klenteng terbesar se-Asia Tenggara.

Klenteng Kwan Sing adalah klenteng terbesar se-Asia Tenggara karena dibangun di atas lahan seluas 4 hektar. Klenteng ini didirikan pada tahun 1928. Di area luas ini akan dibangun pagoda yang terdiri dari beberapa tingkat.

Berbagai acara kerap digelar di Klenteng Kwan Sing, seperti Hut Kwan Ping Thay Tjoe (Imlek Go Gwee 13), HUT Kwan Sing Tee Koen (Imlek Lak Gwee 24, dan Boo-Tho/Tjio-Ko (Imlek Jit Gwee 22). Tidak hanya itu, berbagai atraksi juga sering diselenggarakan, seperti pertunjukkan barongsai.

Banyak kelebihan yang dimiliki Klenteng Kwan Sing Bio. Salah satunya adalah klenteng ini merupakan satu-satunya klenteng di Indonesia yang menghadap ke laut. Letak klenteng yang menghadap laut ini diyakini sebagai posisi tempat ibadah terbaik untuk berdoa. Konon, siapa saja yang datang ke sini kelak permohonannya akan dikabulkan.

Tidak hanya itu, Klenteng Kwan Sing Bio juga merupakan satu-satunya klenteng di Indonesia yang menggunakan simbol kepiting di pintu masuk. Ini termasuk unik, karena biasanya yang menjadi simbol adalah naga. 

Menurut cerita, penggunaan kepiting di pintu masuk ini terinspirasi dari mimpi salah satu pengurus klenteng. Saat itu dalam tidurnya ia bermimpi melihat seekor kepiting raksasa memasuki area klenteng. Dari mimpi itulah, kepiting dijadikan sebagai simbol klenteng ini.

Untuk menemukan klenteng ini sangatlah mudah, karena ia berada di jalan utama jalur Surabaya-Semarang dan dilewati hampir semua angkutan kota. Tak heran kalau menurut situs kelenteng.com, Senin (9/1/2012) banyak wisatawan yang memadati kawasan ini, kebanyakan dari mereka tidak hanya berasal dari seluruh Indonesia, tetapi juga Malaysia, Thailand, dan Singapura. Tujuan kedatangannya pun berbeda-beda. Ada yang datang untuk menyembah, meminta kesehatan dan keberuntungan, ada juga yang hanya sekedar ingin melihat-lihat. 

Untuk Anda yang ingin bermalam tidak perlu kuatir, karena klenteng ini menyediakan tempat bermalam gratis. Jangan takut kehabisan tempat, penginapan di klenteng ini sanggup menampung ribuan pengunjung. Tak heran, kelenteng ini menjadi yang terbesar se Asia Tenggara. Lapar? Tenang saja, di sini juga menyediakan makanan gratis untuk pengunjung. Asyik kan?

Ini dia Teman-teman yang lagi berfoto ria
di Klenteng Kwan Sing Bio
Seperti yang dilakukan klenteng lainnya di dunia, perayaan imlek juga selalu dirayakan besar-besaran di Klenteng Kwan Sing Bio. Beragam hiburan akan diselenggarakan untuk memeriahkan imlek, seperti barongsai, wayang tionghoa/wayang titi, atraksi kung fu, hingga pesta kembang api. Semua itu bisa Anda saksikan dengan cuma-cuma. Jangan sampai terlewatkan ya!


Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :
Anda sedang membaca artikel Merayakan Tahun Baru Imlek dan anda bisa menemukan artikel Merayakan Tahun Baru Imlek ini dengan url http://sebuahproses.blogspot.com/2012/01/merayakan-tahun-baru-imlek.html, Anda boleh mengcopy paste artikel Merayakan Tahun Baru Imlek ini jika bermanfaat bagi anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Merayakan Tahun Baru Imlek sebagai sumbernya.

0 comments:

Posting Komentar