Senin, 08 Februari 2010

“SEMARAK HARI JADI TUBAN KE 716 DENGAN ACARA SENDRATARI RONGGOLAWE WINISUDA”

Aow,, aow,, aow… selamat ulang tahun,,selamat ulang tahun,,,selamat ulang tahun,,, itulah yang kita bisa ucapkan pada tanggal 11 November tepat pada perayaan hari jadi kota kita tercinta kota Tuban, pada tau gak sekarang kota Tubsn ini sudah bearspa tahun??? udah yang ke-716 lhow,,, waduh,. dah lama banget yach,, mudah2n selalu jaya n aman ae dech buat kota,. N yang gak kalah seru juga sekarang saya akan bahas n simak liputan tentang meriahnya hari jadi kota Tuban yang ke-716,,

Tepat pada hari jadi kota tuban yang ke-716 yaitu tanggal 11 november 2009 diadakan acara yang sangat meriah sekali buat menyambut hari jadi kota tuban,, acaranya seru2 abiez n asyik banget dan juga meriah sekali, secara ini khand tahun terakhir bupati kita tercinta yaitu Haeny Relwati Widyastuti msi menjabat sebagai bupati kabupaten tuban. Acara gak Cuma berpusat di alun2 kota tuban tapi juga di terminal lama lhow. tapi acara intinya dan yang puncak berada tepat di alun2 kota tuban. Beribu-ribu orang datang berduyun2 untuk ikut memeriahkan hari jadi kota tuban. mulai dari yang deket kota tuban sampai yang nan jauh berada di pelosok kota tuban. rame banget pada saat itu soalnya acaranya gak seru kalo kelewatan.
Dan pasti temend2 semua pada sudah tau khand apa aja acaranya semarak hari jadi kota tuban yang ke-716??? Jangan ngaku arek tuban dech kalo gak ikut meriahkan hari jadi kota kita tercinta. untuk acara yang berpusat di terminal lama tuban yaitu pameran expo yang banyak dipenuhi dengan stand2 perdagangan, kerajinan, pendidikan, hiburan dll. Pameran expo digelar dengan tujuan untuk member hiburand kepada masyarakat kota tuban khususnya dan masyarakat di sekitar kota tuban umumnya,. Dan yang paling seru n asyik berat yaitu acara yang berpusat di alun2 kota Tuban yaitu pertunjukan Sendratari kolosal Ronggolawe Winisuda yang diikuti oleh 300 personil. Yang berperan dalam menyemarakkan Hari Jadi kota Tuban yang ke-716 yang terdiri dari berbagai lapisan Pelajar yang terdiri dari siswa SMP, SMA/SMK, Mahasiswa, Guru serta pegawai Diknas. Termasuk aku ikutan, tiap hari latihan,. cuapek, pi gk apa cos dpet pengalaman, n gk ketinggalan uang sakunya, lumayan,. wkwkwk
Adapun panitia penyelenggaraan Sendra Tari tersebut di motori oleh DIDIKPORA (Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga) Gak tanggung2 pokoknya persiapan yang dilakukan buat menyambut hari jadi kota tuban ini, untuk kegiatan sendratari sendiri persiapan latihan dilakukan selama 1 bulan setengah, dan waktunya setiap hari rutin, tapi dengan persiapan yang begitu panjang juga bisa menghasilkan sesuatu yang indah dan maksimal. Latihan yang bertempat di gedung dinas tuban ini dimulai pukul 18.00-21.00 lhow, semua peserta termasuk diriKu ikut bergabung berbaur menjadi satu, n gak kalah juga sekolahan aku tercinta SMKN 1 Tuban juga ikut berpartisipasi lhow, sekitar 20 cowok dari sekolah kita ikut juga ikut bergabung. yang terdiri dari anak osis dan teater. Dan alahasil penampilan yang ditampilkan juga bisa buat penonton terpukau dan tercengang.
Adapun banyak pembimbing dan pelatih yang ikut serta kesuksesan acara tersebut gak tanggung2 banyak elemen yang turut serta juga dari kelompok kesenian tari dan kelompok karawitan juga. Latihan pertamanya sampai pertengahan bertempat di gedung diknas tapi setelah 2 minggu mendekati hari H, berpindah lokasi ke Outdoor Teniss Tuban.L atihannya juga banyak fasilitasnya dari tiap hari disediakan air minum dan konsumsi. dan juga dapat kaos sebagai id-card buat para pemaen. Sendratari ronggolawe bercerita tentang perjuangan adipati tuban yang pertama yaitu raden aryo ronggolawe tang bertempur melawan pasukan Kediri dan tar2 untuk meraih gelar adipati tuban. Dan dilantik oleh raden wijaya raja majapahit. Sendratari Kolosal yang berdurasi 1 Setengah jam tersebut sangat memukau+Melelahkan.
Acara Sendratari tersebut mendapat dukungan dari banyak penonton dan pihak2. Untuk acara puncak pada Tanggal 11 November 2009 dimulai pagi hari pukul 07.00 yang digelar di alun2 kota tuban. Acara pada saat itu banyak sekali dan acaranya dimulai dengan upacara hari jadi kota tuban. yang dihadiri para tamu undangan Muspida Tuban. Setelah acara upacara selesai dilanjutkan acara hiburan2 dimana kali ini acara hiburan juga sangat semarak dan meriah. untuk acara hibuaran yang pertama yaitu sajian tari Masal yang diikiuti oleh 50 penari yang membawakan tarian Miyangking khas Tuban Dan Tari Lencir Kuning, Tampak semarak dan rancak tarian mereka yang sangat bagus dan memukau para tamu undangan.Setelah tari2an berlangsung dengan tepuk tangan yang sangat meriah disusul dengan sajian kelompok drumband asuhan semen gresik yang berpesonil 150 orang juga tampak rancak dan memukau tepuk tnagan undangan menggema menyambutnya. Drumband semen Gresik juga ikut memeriahkan semarak Hari Jadi Kota Tuban.
Setelah acara pagi hari yang sngat meriah tadi disusul dengan puncak acara pada malam harinya. yaitu sajian sendratari kolosal ronggolawe winisuda dan hiburan masyarakat dengan bintang tamu antara lain artis ibukota yaitu Dorce Gamalama, yati Pesek, Topan dan masih banyak lagi laennya. Untuk acara yang pertama dimulai pukul 19.30 yaitu langsung ke acara inti yaitu sajian sendratari kolosal. Panggung yang megah yang berukuran 20x30 Meter itu terlihat sangat megah dan indah dengan hiasan properti2 yang menarik. suasana gapura yang indah dan besar tepat berada ditengah-tengah panggung. Setelah semuanya dipersiapakan barulah MC membacakan alur acara dan sususnan acara. Untuk pertama kalinya semarak hari jadi tuban dengan acara yang begitu meriah dan megah. iringan music karawitan mengiringi pembukaan dan dari narator membacakan sedikit prolog synopsis yang dibawakan dengan tiga bahasa yaitu bahasa Indonesia, bahasa inggris dan bahasa kromo… Setelah selesai prolog dibacakan music menggema pertanda cerita sendratri akan segera dimulai. tapi sebelumnya ada ritual yang dibawakan diatas panggung oleh perempuan2 cantik sambil membawa tabur bunga dan bau kemenyan menyeruak ditengah penonton. Setelah selesai ritual diatas panggung dilanjutkan dengan music karawitan perang antara Pasukan tuban yang gagah perkasa dengan senjata caluk di pundak siap menyerang (termasuk aku waahaha) pasukan Kediri dengan senjata pedang dan tameng. Setelah pertempuran selesai tapi belum bisa dimenangkan oleh pasukan tuban kemudian dari balik gapuro megah keluar Raden Aryo Ronggolawe bersama kedua istrinya. menyambut perjuangan para prajurit dan merayakannya dengan gladen keprajuritan tuban dan pasukan panah. Setelah itu disusul datangnya pasukan Tartar ke bumi ronggolawe dan Gladen keprajuritan Tartar pun dimulai. Setelah itu kembali masuk Raden Aryo Ronggolawe beserta Prajurit Caluk dan Prajurit Panah. Dengan kecerdikan Ronggolawe pada saat itu, dapat mempengaruhi pasukan Tartar untuk berpihak kepadanaya setelah mengumpulkan kekuatan dan bala tentaranya, pasukan Tartar dan Pasukan Tuban siap menggempur kerajaan Kediri.
Wuihh_udah mulai serru nich kaya’nya.
Di atas panggung yang megah sudah tersaji pasukan Kediri yang dipimpin oleh raja Kediri yaitu Jaya Katwang yang sedang menari gladen keprajuritan dengan iringan music yang rancak dan kostum yang gemerlap terus mengema dengan semangat perang yang tinggi, sampai tibalah adegan pertempuran antara kerajaan Kediri dan Pasukan Ronggolawe yang dibantu bala tentara Tar-Tar. Pertempuran tersebut akirnya pun dimenangkan oleh Ronggolawe dan pasukan Caluk dan alhasil berkat kegigihan dan perjuangan Raden Arya Ronggolawepun dilantik menjadi adipati Tuban yang pertama oleh raja Majapahit, Yaitu Raden Wijaya.
Wuih,. . denger ceritanya aja udah capek, apalagi aku yang ikut nari. Tapi ini semua juga untuk kemajuan kota Tuban tercinta, dan penonton pun sangat puas dengan apa yang disajikan pada peringatan hari jadi kota Tuban yang ke-716, Eitsssss,. . . gak kalah ketinggalan setelah cerita kolosal Ronggolawe ini sudah selesai, Bupati Tuban (Hj. Haeny Relawati Widiastuti.M,Si) beserta para muspida Tuban dan tidak ketinggalan pula gubernur Jawa Timur (Pak De Karwo) dipersilahkan memberi sambutan diatas panggung. Dan penutup semua acara adalah performance dari artis Ibukota yaitu yang sudah gak asing lagi Dorce Gamalama beserta rombongan.
Acara pun berakhir sekitar pukul 00.00 WIB, Ahhhhh,. Capek juga, seru dan asiknya Peringatan Hari Jadi kota Tuban, semoga kedepannya Tuban bisa menjadi kota yang nyaman dan selalu menjadi kota yang terdepan dan terpercaya Semoga liputan tentang kebudayaan Tuban yang harus kita lestarikan ini bisa memberikan kita inspirasi, dan pastinya harus dilestarikan.
La itu buktinya, diriKu paling bawah sendiri+ paling ganteng sendiri,. wakakakak






Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :
Anda sedang membaca artikel “SEMARAK HARI JADI TUBAN KE 716 DENGAN ACARA SENDRATARI RONGGOLAWE WINISUDA” dan anda bisa menemukan artikel “SEMARAK HARI JADI TUBAN KE 716 DENGAN ACARA SENDRATARI RONGGOLAWE WINISUDA” ini dengan url http://sebuahproses.blogspot.com/2010/02/semarak-hari-jadi-tuban-ke-716-dengan.html, Anda boleh mengcopy paste artikel “SEMARAK HARI JADI TUBAN KE 716 DENGAN ACARA SENDRATARI RONGGOLAWE WINISUDA” ini jika bermanfaat bagi anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link “SEMARAK HARI JADI TUBAN KE 716 DENGAN ACARA SENDRATARI RONGGOLAWE WINISUDA” sebagai sumbernya.

0 comments:

Posting Komentar