Selasa, 26 Oktober 2010

Ada apa dengan Kota Tuban

Nah kali ini saya akan mencoba menulis tentang Kota Tuban, "Kota Seribu Gua" itulah julukan untuk kota Tuban ini, Kota yang ibukotanya adalah Surabaya ini, luas wilayahnya 47.922 km², dan jumlah penduduknya 37.070.731 (2005). "Jer Basuki Mawa Béya" artinya : Keberhasilan membutuhkan suatu pengorbanan.

Sebagai daerah pesisir, Tuban yang konon merupakan salah satu pintu masuk menuju Kerajaan Majapahit itu juga kaya akan peninggalan zaman lampau yang kini menjadi daerah tujuan wisata. Antara lain terdapat makam Sunan Bonang, Museum Kambang Putih, Gua akbar, dan Klenteng Kwan Sing Bio, satu- satunya kelenteng di Indonesia yang menggunakan kepiting sebagai simbol pada pintu gerbangnya, yang menjadi tempat wisata religius. Juga terdapat pemandian alam Bektiharjo dan pemandian air hangat Prataan. Selain itu juga terdapat wisata air terjun dan pantai yang berpotensi menyedot pengunjung.

Sayangnya, potensi obyek wisata di Tuban yang cukup banyak itu kurang publikasi sehingga meski beberapa tempat wisata digarap cukup baik, tak terlalu ramai dikunjungi wisatawan. Bahkan, pada semester I tahun 2003 terjadi penurunan pengunjung 1,17 persen dibandingkan dengan semester yang sama tahun sebelumnya.

Padahal, secara geografis Tuban yang memiliki panjang pantai sekitar 65 kilometer itu merupakan gerbang masuk ke Provinsi Jawa Timur di bagian utara. Meskipun mempunyai beberapa produk unggulan, secara umum usaha pertanian Tuban, yang menduduki peringkat pertama penyumbang kegiatan ekonomi Tuban tahun 2002 dengan nilai Rp 124,8 miliar, masih bersandar pada produksi tanaman pangan, terutama padi dan jagung. Pada tahun 2002, produksi hasil pertanian yang menjadi mata pencaharian sebagian penduduk Tuban itu meningkat masing-masing 1,03 persen atau 384.908 ton padi dan 3,07 persen atau 265.361 ton jagung.

Peraturan Daerah Kaupaten Tuban Nomor: 2/Prt/DPRD-GR/69 tanggal 16 Agustus 1969 : Pasal 1

Lambang Daerah Kabupaten Tuban terbagai atas 8 bagian, yaitu:

  1. Perisai berdiri tegak yang bersudut lima
  2. Kuda hitam yang berdiri ditengah-tengah gapura putih.
  3. Gapura Putih
  4. Bintang Kuning emas bersudut lima diatas gapura putih
  5. Batu hitam berbentuk umpak yang menjadi tumpuan kuda hitam; dan pancaran air berwarna biru muda
  6. Pegunungan berwarna hijau daun jati dan bijinya untaian kacang tanah.
  7. Perahu emas dan laut biru
  8. Kata "Tuban" ditulis diatas pita antara pangkal daun jati dan untaian kacang tanah.


Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :
Anda sedang membaca artikel Ada apa dengan Kota Tuban dan anda bisa menemukan artikel Ada apa dengan Kota Tuban ini dengan url http://sebuahproses.blogspot.com/2010/10/ada-apa-dengan-kota-tuban.html, Anda boleh mengcopy paste artikel Ada apa dengan Kota Tuban ini jika bermanfaat bagi anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Ada apa dengan Kota Tuban sebagai sumbernya.

0 comments:

Posting Komentar